KESERUAN TUR BERBAGI SERI 2 



    Kegiatan tur berbagi sesi 2 dalam rangka diseminasi praktik baik pemanfaatan portal Rumah Belajar kali ini dilaksanakan pada Jumat, 9 Oktober 2020 secara tatap muka di Kecamatan Kumai. Sasarannya adalah guru-guru di SMP Negeri 2 Kumai yang merupakan unit kerja rekan kolaborator saya. 
     Peserta diseminasi berjumlah 25 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, dewan guru, dan staf di SMP Negeri 2 Kumai. Mayoritas guru di sini juga sudah mendengar tentang portal Rumah Belajar yang dikembangkan oleh Kemdikbud. Namun, belum pernah memanfaatkan fitur atau konten yang ada dalam praktik pembelajarannya di kelas. Pada kesempatan ini saya mendiseminasikan praktik baik pemanfaatan Rumah Belajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang saya ampu. Saya memaparkan bagaimana memanfaatkan video pembelajaran pada fitur Sumber Belajar yang digunakan sebagai media pembelajaran. Kemudian kelebihannya dibandingkan dengan video yang diunduh dari Youtube dimana disini seluruh rangkaian pembelajaran pada video sudah berdasarkan kurikulum 2013. Tambahan lagi, dicantumkannya Tujuan Pembelajaran yang harus disampaikan dan diketahui oleh peserta didik serta evaluasinya. 
       Pada tur kali ini saya jadi tahu bahwa SMP Negeri 2 Kumai merupakan salah satu sekolah penerima BOS Afirmasi. Seperti diketahui bahwa sekolah tersebut wajib mengalokasikan anggarannya untuk mengakses Rumah Belajar sesuai Juknis Bos Afirmasi. Oleh karena itu, sosialisasi sekaligus diseminasi kami ke sini benar-benar memberikan gambaran dan pengalaman berbagi informasi mengenai portal Rumah Belajar yang nantinya mesti diakses oleh guru dan peserta didiknya. Ah, semakin ke sini merasa bersyukur sosialisasi bisa tatap muka langsung karena selain tepat sasaran juga nambah pertemanan.


Dokumentasi Kegiatan| Download  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar