PELANGI SELEMBAR REKOMENDASI

    Selasa, 6 Oktober 2020 adalah aksi pendekatan personal dimulai. Dengan penuh harap dan semangat 45 saya berangkat ke Kantor Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Kotawaringin Lama untuk menemui Kepala Korwil Disdik Kecamatan. Untungnya yang bersangkutan sedang berada di tempat sehingga saya bisa menyampaikan secara langsung maksud kedatangan, yakni rencana untuk mengadakan diseminasi praktik baik inovasi pembelajaran melalui portal Rumah Belajar sekaligus meminta bantuan beliau agar  sekiranya bisa difasilitasi untuk mengomunikasikannya dengan para Kepala Sekolah Dasar yang ada di ibu kota kecamatan.  Qodarullah, beliau menyambut baik rencana tersebut dan berjanji akan membantu saat pelaksanaannya nanti, tinggal menentukan tempat dan waktunya. Saya pun menjelaskan bahwa akan meminta surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten sebagai dasar pelaksanaan.

    Siangnya, saya langsung bersiap menuju kantor Disdik Kabupaten yang berjarak ± 50 km. Tepat pukul 11.30 WIB saya tiba  di sana dan bertemu dengan rekan SRB yaitu Ibu Dessi Shalihah. Kami memang sepakat untuk berkolaborasi dalam pelaksanaan tugas pada level berbagi. Di sini lah tantangan dimulai, keteguhan hati dan percaya diri saya diuji. Saat bertamu menjelaskan tujuan meminta surat rekomendasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi sekaligus diseminasi, disampaikan oleh salah seorang staf di kantor tersebut bahwa mereka tidak bisa mengeluarkannya untuk saya. Menurutnya  saya sebagai guru SMA semestinya meminta rekomendasi ke Disdik Provinsi, jadi mereka hanya akan mengeluarkan surat untuk rekan SRB saya yang notabene guru SMP. Poinnya, saya salah alamat.

    Sejujurnya, saat mendengarnya tidaklah sakit tapi malunya berasa ke ujung jari. Hati menolak langsung beranjak pergi, duduk diam di ruang tunggu seraya melihat TV padahal konsentrasi sebenarnya sedang memikirkan opsi-opsi.  Sudah berkendara puluhan kilo melewati banjir setinggi paha masa pulang dengan tangan hampa. Sempat membatin, Ya Allah kok gini amat perjuangan yang dihadapi padahal niat hanya ingin berbagi.

     Saat semua orang keluar istirahat siang, ada seorang Bapak yang juga berseragam dinas menyapa dan menanyakan kami sedang menunggu apa. Saya pun maju dan berusaha menjelaskan kembali perihal permohonan surat rekomendasi. Mengajukan permohonan ke Disdik Kabupaten karena sekolah sasaran kami adalah para guru di jenjang TK, SD dan SMP. Alhamdulillah, beliau mengerti dan meminta kami menyerahkan surat permohonan serta daftar sekolah sasaran. Pihak Disdik akan menindaklanjuti dengan memberi rekomendasi agar pimpinan sekolah yang dituju memfasilitasi kegiatan diseminasi. Tiada hentinya hati bersyukur dan merasa lega akhirnya perjuangan saya tidak sia-sia.  Ternyata pelangi pasti terlihat kala hujan sudah lewat.


                                                Dokumentasi Kegiatan | DOWNLOAD

1 komentar